logo-mini

Share

Kemandirian: Permulaan #GameLevel2 #Day5

Assalamu’alaykum warrahmatullahi wabarakatuh 🙏🙌

Today insya allah aku berbagai tentang kemandirian pertama yang Khalid lakukan setelah post-post sebelumnya.

Saat usia nya 1 minggu hingga 6 bulan, aku rajiiin sekali menjemur Khalid. Selain karena kulitnya masih agak kuning (dan bahkan baru hilang sama sekali di saat usianya 4 bulan), me time banget! Khalid berjemur di mana di akan tertidur karena hangat dan enak, dan aku di sebelahnya sambil membaca buku-buku yang belum selesai dibaca.

Saat aku ingin menengkurapkan badannya untuk menjemur bagian punggungnya, awalnya pasti menangis sambil menutup mata. Hehehe maklum, lagi enak-enaknya rebahan eh dibangunin paksa, ditengkurepin paksa lagi! Maafkan Ibu ya Nak 😫😣🙏

IT’S TUMMY TIME!!!

*ilustrasi

Sumber: Family Guide Indonesia

Ternyata ga disangka saat itu dia suka banget Tummy Time. Agak ngeri karena usianya yang masih 1 minggu an. Apalagi Oma dan Uwo nya (Nenek-Nenek nya Khalid) sempat khawatir dan menyuruh aku agar tidak menelungkupkan Khalid karena kasian. Tapi berbekal buku dan ilmu yang kubaca, Tummy Time bagus banget loh untuk bayi! Salah satunya melatih kekuatan leher dan juga melatih pernapasannya untuk kemampuan motorik nya kelak.

Mengangkat kepala untuk Tummy Time!
Kemandirian awal Khalid yang membuat ku dan Aba takjub!
Masya Allah.

Tapi bagi para ibu yang bayinya belum bisa Tummy Time saat berusia 1 minggu, jangan terburu-buru, santai sajaaa. Jangan samakan apalagi membandingkan anak kita dengan yang lain secara berlebihan yaaa.

Stress banget! 😣😫 #pengalamanpernahstress

Dan baby juga bisa ngerasain looh stress nya Ibuk, kan kasian baby nya 😥😭😭

Bayangin aja misalnya orang tua kita bandingin kita sama anak tetangga. Uh sakit banget kan! Atau saat suami banding in kita sama wanita lain… Ah sudahlah..

Apalagi baby Buu, masih belum kenal siapa siapa, cuman kenal sama Ibu di dunia ini, menyusu sama Ibu, dipeluk sama Ibu, nangis sama Ibu, eh kita bandingin sama anak lain perihal berat badan 😭😭😭
#maafkanibuyangseringkhilafini😭😭😭

“Yeee kalau ga dibandingin kita gatau dong perkembangan anak kita normal apa engga, Na.”

Kalau mau tau perihal kenormalan pertumbuhan dan perkembangan anak kita itu bisa dicari di sumber yang valid lainnya kok. Internet misalnya, atau kalau mau yg lebih valid lagi, tanya bidan di posyandu, puskesmas, atau rumah sakit setempat, yuk!

Misal anak kita umurnya satu bulan, terus berat badannya 3 kg. (FYI Khalid 1 bulan berat badannya 3.3 kg sampe dikira anak baru lahir 😭😳, kisahnya ada di Cerita Khalid (1) ya, silakan dibaca kalau belum dibaca 😊). Terus kita liat ada bayi sebulan 5 kg, panik ada sih emang. Santai Buuk, kita liat di web dulu, ketik www.google.com terus ketik ‘berat badan bayi ideal 1 bulan’.

Kalau aku pribadi liat di www.panduanibu.com (usahakan menghindari web ber domain blogsp*t, wordpr*ss saat mencari sumber valid).
Ini contoh screenshot PanduanIbu.com mengenai berat badan bayi ideal.


Cara selanjutnya adalah dengan melihat di Kartu Menuju Sehat (KMS) yang dulu biasanya Ibu dapatkan di dalam buku pink yang diberikan oleh bidan saat hamil dulu.
Kalau berada di garis hijau Insya Allah aman. Disesuaikan ya dengan Berat Badan Lahirnya. Cara baca nya ada di web https://mediskus.com/tips/cara-menaikkan-berat-badan-bayi-efektif-dan-aman.

Bisa juga tanya langsung ke bidan atau Dokter Spesialis Anak.

Jangan panik pokoknya ya.
Itu untuk berat badan, kalau untuk perkembangan motorik, sensorik dan lain lain aku biasanya lihat di web https://tumbuhkembang.info/alat/kuesioner-pra-skrining-perkembangan-kpsp/

Boleh saja membandingkan dengan anak lain, tapi itu hanya menjadi salah satu cara saja, gunakan dan cari info lain yang lebih valid 😊

Balik lagi ke kemandirian.

Kira-kira apa lagi ya kemandirian Khalid yang selanjutnya!?

See you next post ya Insya Allah 💕
Sekian dan semoga bermanfaat!
Fii amanillah 💕

Wassalamu’alaykum warrahmatullahi wabarakatuh 🙏


Leave a Comment