logo-mini

Share

Kemandirian Yang Sedang Dan Sebagian Sudah Mulai Diterapkan #Day2 #GameLevel2

Assalamu’alaykum warrahmatullahi wabarakatuh 😊

Apa kabar semuanyaa? Semoga kita semua senantiasa berada di lindungan dan kasih sayang Allah SWT aamiin ya robbal alamin

Kali ini aku akan menjadi mamak mamak yang insya allah menceritakan kemandirian seorang anak berusia 9 bulan.

“Waaah pasti sudah bisa BLW yaa?”

Hemm not yet. Not yet ya bukan Nope. Hehehe Insya Allah BLW akan kuterapkan saat ia berusia 10 atau 11 bulan.

“BLW apaan dah, Na?”

BLW adalah metode pemberian makan yang dicetuskan oleh Gill Rapley dan Tracey Murkett. Intinya BLW membebaskan anak untuk makan sendiri dari awal proses secara mandiri. (sakina.web.id)

“Masih bingung dah gue, Na”

Hem jadi BLW itu metode pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) dengan cara bayi yang memasukkan makanannya langsung ke mulutnya. Makanan dipotong berukuran jari (finger food), kemudian bayi akan makan langsung dengan tangannya!
Masya Allah Tabarakallah, amazing right? Coba deh cari di hastag #BLW atau #BabyLedWeaning di Instagram atau cus klik Mbak Google aja or Youtube~

Aku belum berani menerapkan BLW sesungguhnya hehehe emang pure ini ketakutan pribadi aku. Banyak pro kontra nya, namun aku sendiri lebih melihat ‘kesiapan’ Khalid untuk mulai BLW.
Saat aku coba berikan finger food, dia masih ngerasa mual dan ngerasa mau muntah, dan tersedak! Huhuhu ga tega Mamak, Nak. Masya Allah buibuk yang sukses menerapkan BLW pada anaknya.

Khalid terlahir di berat badan yang alhamdulillah 2.540 gram di usianya yang ke 37 minggu 5 hari. Keluar dari rumah sakit beratnya jadi 2.400 gr 😣😣😣
Sedih mamak kalau inget.
Kalau belum baca, silakan buka Cerita Khalid (1) yaa jika berkenan hehe.

Dengan berat badan yang harus kukejar, aku agak takut kalau BLW, karena kalau BLW, bayi akan berhenti sendiri kalau sudah kenyang. Huff aku masih ragu bayi tahu kalau dia kenyang. Bukan aku underestimate yaaa sama anakku sendiri. Insya allah No. Aku mau yang aman dan terbaik untuk anakku. Dan semua ini sudah ku konsultasi kan ke suami juga sebagai keputusan kami bahwa kami akhirnya memilih metode Spoon Feeding (SF) di usia nya yang sudah ke 6 bulan di mana 6 bulan adalah usia yang disarankan WHO bagi bayi untuk mulai mengonsumsi MPASI.

Awalnya deg deg an bangett, aku kasih makan Khalid Pure Alpukat+ASI.

Illustrasi Puree Alpukat

Sumber: Google.com

Bulan bulan pertama aku mix antara sayur dan buah dengan metode menu tunggal.

Kemandiriannya? Alhamdulillah Khalid sampai saat ini sudah banyak menu yang Khalid mau dan suka! Hehehe agak susah sih kadang-kadang, dan agak GTM juga (Gerakan Tutup Mulut).
Alhamdulillah sudah siap makan kalau sudah duduk di meja makan nya. Mandiri!!!
Menurutku sih BIG YES yaaa alhamdulillah.
Walaupun sebagai mamaknya tetep harus mikir puter otak desain dan rasa makanan yang enak tanpa gula dan garam yang menurut WHO sebaiknya diberikan di atas 1 tahun (but actually it’s ok kok asal sedikit).

Alhamdulillahirabbil alamin
See you on the next Kemandirian Posts ya Insya Allah. Fii amanillah 😊💕

Wassalamu’alaykum warrahmatullahi wabarakatuh


Leave a Comment